Salam Rimbawan!
Virtual Forest >> Tips Khusus Google Adsense (Terbukti!)
Hutan udah mau punah nih. Nanti Otan tinggal di mana ya? :(
_____________________________________________________________________________

Pengertian Hutan Konservasi

-------------------------------------------------------------------
Hutan Konservasi adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya.

Hutan konservasi terdiri dari:
  • Kawasan hutan Suaka Alam (KSA) berupa Cagar Alam (CA) dan Suaka Margasatwa (SM);
  • Kawasan hutan Pelestarian Alam (KPA) berupa Taman Nasional (TN), Taman Hutan Raya (Tahura) dan Taman Wisata Alam (TWA); dan
  • Taman Buru (TB).
Kawasan hutan Suaka Alam (KSA) adalah hutan dengan ciri khas tertentu yang mempunyai fungsi pokok sebagai kawasan pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya, dan juga berfungsi sebagai wilayah sistem penyangga kehidupan.

Kawasan hutan Pelestarian Alam (KPA) adalah hutan dengan ciri khas tertentu yang mempunyai fungsi pokok perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa, serta pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Masing-masing bagian dari KSA dan KPA dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut:
  • CAGAR ALAM (CA) adalah kawasan suaka alam yang mempunyai ciri kekhasan tumbuhan, satwa dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan kebudayaan dan perkembangannya berlangsung secara alami.
  • SUAKA MARGASATWA (SM) adalah kawasan suaka alam yang mempunyai ciri khas berupa keanekaragaman dn atau keunikan jenis satwa bagi ilmu pengetahuan dan kebudayaan dan kebanggaan nasional yang untuk kelangsungan hidupnya dapat dilakukan pembinaan terhadap habitatnya.
  • TAMAN NASIONAL (TN) adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk keperluan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, penunjang budidaya tumbuhan dan atau satwa, pariwisata dan rekreasi. Pengelolaan Kawasan Taman Nasional dilakukan oleh Pemerintah.
  • TAMAN HUTAN RAYA (TAHURA) adalah kawasan pelestarian alam untuk tujuan koleksi tumbuhan dan atau satwa yang alami atau bukan alami, jenis asli atau bukan jenis asli yang dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, penunjang budidaya tumbuhan dan atau satwa, budaya, pariwisata dan rekreasi. Pengelolaan Kawasan Taman Hutan Raya dilakukan oleh Pemerintah.
  • TAMAN WISATA ALAM (TWA) adalah kawasan pelestarian alam dengan tujuan utama untuk dimanfaatkan bagi kepentingan pariwisata dan rekreasi alam. Pengelolaan Kawasan Taman Wisaha Alam dilakukan oleh Pemerintah.
  • TAMAN BURU (TB) adalah kawasan hutan yang ditetapkan sebagai tempat wisata berburu.

Catatan: Ditjen PHKA

-------------------- Artikel Terkait ---------------------





Share/Bookmark

10 people have left comments

Anisayu said:

Hutan pasti sejuk nan indah menyambut datangnya pagi disini hehehe

Saiful A. Zy said:

Pada hakikatnya hutan selalu memberikan kesejukan. Tapi kini hutan mulai menunjukkan dirinya dengan cara berbeda-beda. :)

Muhammad Chandra said:

saya tinggal di Riau , dulu skitar tahun 80-90 hutan di Riau masih lebat , namun dengan perkembangan zaman hutan yg ada di Riau menjadi gundul...

semoga pemerintah kita bisa cepat mengatasinya :)

Saiful A. Zy said:

Kalau gak diatasi dengan cara yang bijak, hutan kita bisa saja punah. Meski banyak menganggap hal tersebut adalah mustahil.

Salam kenal Mas Chandra.

Zona Indonesia said:

Di belakang rumahku ada hutan..besar sekali dan banyak sekali pohon jati-nya.. Klo pohon jatinya diambil orang, polisi hutan akan marah. Ketika jaman krisis dulu.. rumah polisi hutannya yang dibakar orang. Ini namanya hutan jenis apa.?

Saiful A. Zy said:

Kalau hutannya didominasi oleh pohon Jati atau hanya jenis Jati saja yang tumbuh di sana, kemungkinan itu Hutan Produksi - Hutan Tanaman Industri (HTI). HTI ini pengertiannya adalah Sebidang luas daerah yang sengaja ditanami dengan tanaman industri (terutama kayu) dengan tipe sejenis dengan tujuan menjadi sebuah hutan yang secara khusus dapat dieksploitasi tanpa membebani hutan alami.

Proses penanaman dan penebangannya tentu melalui prosedur khusus (izin berdasarkan UU).

Masalah Polhutnya marah ketika pohon tersebut diambil orang, bisa saja ada sesuatu yang tidak beres.

_____________________________________________
* Hehe .... Belagak seperti konsultan. ;)

Anisayu said:

Datang membawa jawaban, ku hanya di dlm dingin c ga di luar hehehe

Aceh My Life said:

di aceh hutannya berantakan semua, sangat menyedihkan

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia said:

wah info yang bagus dan lengkap pengertian nya, trimakasih dah mau berbagi ilmu nya gan

Saiful A. Zy said:

Siap!

Semoga kontes Toyotanya membuahkan hasil yaa....... Selamat bersaing. :)

Poskan Komentar