Salam Rimbawan!
Virtual Forest >> Tips Khusus Google Adsense (Terbukti!)
Hutan udah mau punah nih. Nanti Otan tinggal di mana ya? :(
_____________________________________________________________________________

Ikatan Sispala Indonesia (ISI)

  • Posted: Kamis, Oktober 21, 2010
  • |
  • Author: Saiful A. Zy
  • |
  • Filed under: Sispala

-------------------------------------------------------------------

Selayang Pandang

Sispala merupakan singkatan dari Siswa Pecinta Alam. Sispala adalah kelompok pecinta alam yang bernaung di setiap sekolah di bawah kepengawasan kepala sekolah atau pun wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Dan ada juga yang berdiri sendiri. Ini semua tergantung kebijakan pengurus masing-masing. Sebagian besar Sispala termasuk organisasi ekstrakurikuler.

Sispala sendiri bukan nama mutlak dari organisasi kepecinta alaman yang ada di setiap sekolah. Sebab tidak sedikit yang menggunakan nama yang telah disepakati oleh pendiri kelompok pecinta alam tersebut. Akan tetapi, secara umum orang sudah paham bahwa setiap organisasi kepecinta alaman di tingkat sekolah adalah Sispala.

Saya menyimpulkan bahwa saat ini Sispala sendiri hanya sebutan tidak resmi kelompok pecinta alam tingkat sekolah di Indonesia.

Analisa Masalah

Bila dibandingkan dengan organisasi ekstrakurikuler di setiap sekolah yang ada di Indonesia, Sispala adalah organisasi yang mampu melahirkan insan yang sehat secara mental, jasmani maupun rohani. Dan tentunya tergantung kepada proses pembinaannya.

Yang menjadi kendala dalam proses perkembangannya adalah Sispala belum mempunyai ikatan secara nasional. Dan pada akhirnya menyebabkan kebingungan para organisator dalam menghimpun rencana strategis secara massal. Jangankan secara sistemik, dalam menjalin komunikasi eksternal pun sulit.

Padahal bila ada kesatuan visi dan misi secara nasional, Sispala sangat berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Baik dibidang pendidikan, sosial, seni budaya, olah raga, lingkungan maupun kemanusiaan.

Ini hanya sepintas masalah yang saya utarakan, sebenarnya masih banyak yang mestinya kita benahi secara bersama-sama. Kegelisahan ini timbul akibat curahan hati Sispala aktif, pemerhati perkembangan Sispala, maupun keresahan saya secara pribadi.

Usaha Pembenahan

Dikarenakan belum adanya sinergisitas dalam melahirkan visi dan menjalankan misi secara menyeluruh, ada baiknya kita melakukan:
  1. Pembentukan Ikatan Secara Nasional
  2. Evaluasi Masalah di Tingkat Regional
  3. Melakukan Perumusan Administrasi dan  Rencana Strategis
Saya yakin sahabat pasti mempunyai gambaran dari ketiga usulan saya tersebut.

Pertama, pembentukan ikatan secara nasional. Ini berfungsi agar adanya legalitas kita dalam melakukan segala macam bentuk rencana kerja dan sejenisnya.

Kedua, evaluasi masalah di tingkat regional. Ini tentu ada hubungannya dengan poin pertama, yaitu ketika kita melakukan pembentukan ikatan secara nasional melalaui kongres atau sejenisnya, kita akan membuat forum khusus guna mengevaluasi segala macam bentuk permasalahan, hambatan ataupun lainnya yang dihadapi di daerah masing-masing. Sehingga menghasilakan kesamaan dalam cara membenahi problematik tersebut.

Ketiga, Melakukan perumusan administrasi dan rencana strategis. Ini adalah tahap akhir dari dinamika yang timbul ketika proses pembentukkan dan evaluasi.

Tentunya masih banyak lagi formulasi dalam pembenahan ini. Saya berharap sahabat bisa membatu untuk mencari jalan keluarnya. 

Kita adalah generasi yang akan membangun negeri ini melalui nalar kritis yang diilhami oleh Tuhan Yang Maha Esa. Oleh sebab itu, sekali lagi saya mengajak kepada sahabat yang gelisah terhadap realita yang ada, yang resah dengan masalah yang tak kunjung selesai, dan kepada yang bertanya-tanya akan sesuatu, MARI KITA TEMUKAN JAWABANNYA.


-------------------- Artikel Terkait ---------------------





Share/Bookmark

8 people have left comments

dema_tcr said:

adakan gladiasi antar sispala se Nasional,,,gmn??
pnya usul wktu dan tempat???

Saiful A. Zy said:

Bisa. Kita sedang melakukan konsolidasi untuk itu.
Mohon kerjasama yaa.

yhen

yhen said:

mw share niih, qmi SMA N 1 Satui baru memulai ekskul sispala tahun 2012 ini.. gmn yah caranya supaya sispala kami maju??

Yanyudha Yulistiawan said:

Izin publikasinya ya teman-teman..
Bagi para pelajar Indonesia SMA/sederajat yang berjiwa petualang dan suka tantangan, Ayo segera bergabung kawan dalam Lomba Orienteering tingkat SMA/sederajat Se-Indonesia ! Kami tunggu di Yogyakarta :)

http://www.info-lomba.com/2012/06/indonesia-student-orienteering.html

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi CP yang sudah tertera pada tautan diatas. Trimakasih..

Yanyudha Yulistiawan said:

Go Orienteering !
http://isocstargis.blogspot.com/

PENDIDIKAN said:

Punten gan, Pnerangannya. kami sudah memiliki anggota Sispala, tpi kami ingin membentuk sispala tingkat daerah, gimana yah caranya gan...

Anonim

Anonim said:

iya

sispala rawa said:

Saya setuju coba kita sebuah event atau pertemuan sispala nasional, dan dapat saling bertukar informasi dan ilmu dan juga memperat tali persaudaraan

Posting Komentar